About

“Aku ingin menjadi matahari, yang menyinari dunia dan memberi sebuah semangat untuk mengawali hari. Saat terbenam meninggalkan pemandangan yang sangat indah. Aku ingin bermanfaat bagi semua orang”

            Rendy Iskandar Chaniago, lahir di Pontianak, Kalimantan Barat, 3 September 1992. Saat ini masih tercatat sebagai mahasiswa Ilmu Hubungan Internasional FISIP UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Ia adalah anak pertama dari kedua orang tua yang luar biasa ir. Salman Chaniago dan Sri Puji Astuti. Dari keduanya, ia belajar banyak hal yang tak pernah terbayangkan sebelumnya. Pencinta jus mangga ini menghabiskan masa kecilnya di kampung halamannya hingga usia 12 tahun, lalu ia melangkah jauh menuju sebuah kabupaten di pinggiran Jawa Timur. Ponorogo, itulah nama tujuan selanjutnya untuk bersekolah. Bermodalkan tekad kuat, asa yang membumbung, dan sepasang doa yang selalu terucap dari kedua orang tuanya ia melanjutkan pendidikan di Pondok Modern Darussalam Gontor.

       Di pondok yang terkenal dengan sebutan “Kampung Damai” tersebut, ia mendapatkan sejuta pengalaman, beribu pendidikan, dan ratusan sahabat. Di sana batinnya ditempuh, mentalnya ditempa, semangatnya dilatih, integritasnya diuji, banyak pendidikan dan pengajaran yang tak akan muat di tulis di laman ini. Satu hal terpenting yang ia dapat dari sana, ia bukanlah apa-apa, rendy adalah “butiran berlian” yang masih perlu digali di antara berjuta berlian di Jawa. Ia masih harus banyak belajar untuk bisa bersaing, atau sekedar bertahan di kuatnya arus sungai Pulau Jawa. Tepat tanggal 21 Agustus 2010, ia berhasil menyelesaikan pendidikan di Kampung Damai. Setamatnya dari sana, pengagum Carles Puyol ini masih harus mengabdikan dirinya kepada pondoknya di desa Mowila, Kec. Pudahoa, Kab. Konawe Selatan, Sulawesi Tenggara. Butuh waktu sekitar satu tahun lamanya untuk menyelesaikan pengabdian tersebut, hingga akhirnya di berhasil lulus SNMPTN di UIN Jakarta.

     Sekarang, pencinta Arsenal ini sibuk dengan dunia tulis menulis. Ia tercatat aktif di sebuah lembaga pers mahasiswa, Lembaga Pers Mahasiswa Islam (LAPMI) HMI Cabang Ciputat. Selain itu, ia juga terdaftar sebagai anggota aktif Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Ciputat, Komisariat Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (KOMFISIP). Masih kurang dengan semua itu, ia terdaftar sebagai mahasiswa KAHFI BBC Motivator School angkatan 15.
Alhamdulillah pada tahun 2017 ini, rendy telah menyelesaikan pendidikan di Hubungan Internasional UIN Jakarta. Dirinya telah resmi menyandang titel S. Sos. Masih banyak mimpi yang akan digapainya dan diraihnya.

#MariBermimpiBersama #Menginspirasi

To be continued